Anak ku umur 2 tahun 4 bulan , tidak mau makan tapi susu kuat?

0 suara
ditanyakan 12 Des 2007 dalam Kehamilan & Peran Orangtua oleh MARINA 1308 (12 poin)  
Dear
anak ku umur 2 tahun 4 bulan , tidak mau makan nasi , susah sekali , kalau mau pun paling sehari sekali , itupun tidak setiap hari , paling dia ngemil jajanan , but Susunya kuat banget sebulan bisa habis 7x800 gram , berat badannya pun 15 kgs , masalah gak ya? atau memang fasenya begitu, nanti bisa berubah ? tolong dunk pengalamannya , vitamin yang bagus untuk penyempurna gizinya apa ya and juga nambah nafsu makan
   

Harap masuk atau mendaftar untuk menjawab pertanyaan ini.

8 Jawaban

0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh Arie Ibetz Guanteng (10 poin)  
Sama persis sama keponakan gw Mba..ngga doyan makan gitu..klo di suapin mau..tapi ujungnya dimuntahin lagi..!!

Tapi sekarang sudah agak mendingan coz ngasih susunya dikurangi secara bertahap..!!
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh anonim  
Pd dsrnya harus diusahakan makan dg suasana yg menyenangkan. Trus coba makannya bersama teman-teman sebayanya. Biasanya dlm situasi makan bersama, anak tertarik utk melakukan hal yg sama. Utk susunya bisa ditambah dg tepung kacang hijau, atau beras merah yg disangrai shg cepat mengenyangkan. Itu yg pernah dilakukan oleh adik ipar saya shg porsi susu terkurangi. Tentu saja dilakukan secara bertahap, campurannya dimulai dari propoorsi yg sedikit lalu kl sdh terbiasa bisa ditingkatkan biar anak tidak kaget.
Trus kalo ngasih makan usahakan sebelum anak ngemil jajanan. Sebab kalo sudah ngemil duluan, apalagi yg manis-manis, anak males makan. Partisipasi seluruh anggota keluarga diperlukan. Jangan sampai anda mencegah anak ngemil sebelum makan, tetapi ada anggota keluarga lain yg ngemil/memperlihatkan cemilan. Atau ada anggota keluarga yg hobinya ngemil dan itu sering dilihat anak, shg anak belajar dari mereka.
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh tatibutuk (18 poin)  
Ya iya lah.. mbak, susunya pasti kuat, bisa-bisa 2-3 jam sekali minta susu
fase minum susu aja itu waktu bayi 0-4 atau 6 bulan, setelah itu ya.. makan...
Jadi kalo umur 2 tahun 4 bulan ya bukan fasenya lagi minum susu aja...
Ditahan aja susunya, jangan setiap mau minum susu dikasih, nanti kalo laper banget, dikasih makanan padat, kalo dimuntahin ya.. diulangin lagi
Kayaknya mesti tegaan dikit tuh....
Mestinya umur segitu minum susu cukup 3 kali aja sehari.
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh Midnight R (18 poin)  
Senang minum susu itu baik, tapi kalo susu dijadikan asupan utama tentu tidak baik karena tubuh juga memerlukan unsur lain seperti serat, dan makanan padat lainnya. efeknya perkembangan organ dalam tubuh anak Mba bisa tidak sempurna dan yg sering terjadi adalah rentan terhadap radang tenggorokan.

Sebaiknya dikurangi asupan susunya secara bertahap dan bila ia suka cemilan coba berikan cemilan berupa buah yg dipotong kecil, atau makanan lain yang dibuat menarik tampilannya.

Anak-anak dalam masa pertumbuhan harus dikenalkan pada makanan bergizi tinggi dan makanan berserat.

Vitamin terbaik adalah yang berasal dari buah-buahan bukan dari buatan pabrik.
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh Devy R (8 poin)  
terus berikan susu karena susu paling cepat menyerap gizi dibanding dengan nasi. Biasanya anak2 seusia segitu sangat suka sama mie. Berikan saja mie, biar dia yg suap sendiri. Banyak kok sekarang mie yang khusus untuk bayi di supermarket2. Atau sekali2 dengan spageti. Jangan dipaksakan pada saat disuapi makan, akan menjadi lebih susah nanti besarnya (menganggap musuh). Coba deh beri sayuran yang ga usah dimasak, hanya direbus/dikukus dengan diberi garam sedikit (seperti pelengkap beefstick), biar dia yg memegang sendiri.
Mudah2an bermanfaat.....
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh bintang (44 poin)  
saya rasa itu tidak masalah ... ponakan saya sampai sampai usia 9 tahun masih minum susu pakai dot pertumbuhan badanya bagus subur kulit tubuhnya pun mulus, kalau mengenai makanan, jenis makanan jajanan saja yang harus diperhatikan karena tahu sendiri jajanan anak - anak banyak yang tidak higienis. apalgi yang banyak mengandung bahan pewarna. tidak menjamin untuk di komsumsi anak - anak.hal - hal seperti inilah peranan orang tua sangat diperlukan jangan membiarkan anak jajan sembarangan. itu sangat rentan untuk kesehatan anak anda.
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh Dr.Herbowo SpA (10 poin)  
usia 1 tahun hingga 7 tahun adalah usia anak anda belajar berbagai macam hal. Termasuk juga pola makan. Melihat dari pola makan yang diberikan pada anak anda maka tidak heran anak anda makin sulit makan dan tidak belajar mengenal pola makan yang baik.
Yang perlu diingat, usia 1 tahun keatas, pemberian susu hanyalah tambahan saja. Makanan yang harus dikonsumsi anak anda adalah sama dengan yang kita makan.
Bagaimana memperbaikinya?
Yang paling pertama sekali, kurangi pemberian susunya. Selama anak anda minum susu sebanyak itu, tidak akan anak anda mau makan banyak.
Bagaimana mengurangi pemberian susunya?
Orang tua harus agak keras mengenai hal ini. kurangi pemberian susu paling banyak 2x sehari. jangan menggunakan dot karena biasanya hal inilah yang membuat anak tidak mau berhenti minum susu. ganti dot dengan gelas. Hal ini terbukti bisa mengurangi konsumsi susu.
Hal kedua yang harus dilakukan, stop jajanan. karena hal ini tidak menyelesaikan masalah. Ini membuat anak hanya belajar lari dari masalah. jajanan tidak memperbaiki gizi anak.
Bagaimana cara memberikan makan yang baik?
1.buat makanan yang variatif. usahakan menu makan pagi, siang dan malam berbeda buat anak. bisa bervariasi dari kentang, roti, nasi dsb.
2. berikan makanan sedikit2 tapi sering. anak anda akan makin takut bila dipaksa makan. berikan semau anak anda (misalnya 2-3 sendok), lalu biarkan bermain sebentar, bila terlihat mainnya sudah berkurang, berikan lagi makan semau anak anda. demikian seterusnya. bila dijumlah maka anak anda telah mengkonsumsi cukup banyak makanan kan?

Apakah berat 15 kg baik atau tidak? secara berat badan anak anda tergolong baik, tetapi hati2. baik atau tidaknya gizi anak bukan semata diukur dari berat badan.
Telah terdapat kasus2, anak dengan konsumsi susu saja, memiliki berat badan yang baik, tetapi ternyata mengalami kekurangan gizi berat dalam tubuhnya. anak tersebut akan mengalami penyakit kekurangan vitamin dsb.

vitamin apa yang bagus untuk menambah nafsu makan?
sampai saat ini belum ada vitamin yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. tetapi pemberian vitamin dapat membantu mencegah terjadinya kekurangan vitamin pada anak yang sulit makan.

semoga dapat membantu.

terima kasih.

Dr.Herbowo SpA
0 suara
dijawab 12 Des 2007 oleh Cinta (18 poin)  
Kalau liat dari berat badannya sih normal aja malahan teritung sehat, cuma dari pengalaman aq nih dan berbagai artikel yang pernah aq baca, kalo anak umur segitu susu sudah bukan menjadi kebutuhan utamanya tetapi merupakan makanan pendamping dan nasi merupakan makanan pokoknya.
Cobalah ibu untuk mengurangi jatahnya meminum susu sambil berusaha membuat ia menjadi nafsu makan. Selain itu bisa diberi vitamin (anakku minum vitamin centrum produksi dari wyeth), anakku setelah rutin makan vitamin itu jadi kuat nafsu makannya juga daya tahan tubuhnya sangat bagus.
Selain itu agar anak mau makan, bikin deh makanan yang bervariasi, serta sambil bermain dihalaman pada saat memberinya makan sehingga suasana makannya menjadi menyenangkan.
Selamat datang di Gimana.in, Ajukan Pertanyaan dan biasanya terjawab dalam beberapa menit..
Pengguna Teraktif
bulan ini:
    Gute Mathe-Fragen - Bestes Mathe-Forum

    24,581 pertanyaan

    40,387 jawaban

    17 komentar

    19,680 pengguna

    ...