ada yang tahu g cara membuat mie bangka?

0 suara
ditanyakan 12 Feb 2009 dalam Makanan & Minuman oleh Tantri K (6 poin)  
ak pengen jualan.
   

Harap masuk atau mendaftar untuk menjawab pertanyaan ini.

3 Jawaban

0 suara
dijawab 12 Feb 2009 oleh Ve (36 poin)  
Aku ada 2 resep:
Silakan pilih mau coba yg mana.

1. Mie bangka enak
Bahan:
Taburan ayam:
- Left over chicken potong kotak.
- Bawang putih diulek halus.
- Bawang merah iris tipis.
- Lada.
- Kecap.
- Minyak wijen.
- Air.
- Garam and gula

Minyak ayam:
- Lemak ayam potong kotak2.
- Bawang putih cincang halus (yg banyak biar enak)
- Minyak sayur.

Kaldu:
- Air.
- Kaldu ayam bubuk.
- Lada.
- Batang seledri.

Pelengkap:
- Wonton noodles or mie indomie juga bisa, rebus.
- Soy sauce.
- Taoge rebus.
- Sawi hijau or turnip greens.
- Irisan daun bawang.
- Baso.
- Pangsit goreng.

Directions:
Taburan ayam:
- Panaskan minyak tumis bawang putih dan merah sampe harum.
- Masukkin ayam aduk sebentar lalu masukkan semua bumbu beri air masak hingga agak kental.

Minyak ayam:
- Goreng lemak ayam dng api kecil hingga minyaknya keluar semua.
- Masukkin bawang putih masak sebentar lalu beri minyak sayur agak banyak. Jgn sampe gosong bawang putihnya, goreng hingga kecoklatan.

Kaldu:
- Masak air hingga mendidih lalu tambahin kaldu bubuk, lada and seledri. Kalo mau bisa di kasih sedikit minyak ayam.

Cara membuat:
- Siapkan mangkok beri minyak ayam berserta bawang putihnya, soy sauce, dan lada aduk hingga tercampur. Trus masukkin toge, sayur dan mie aduk hingga tercampur bumbu. Beri taburan ayam dan daun bawang.


2. Mie ayam bangka
Bahan:

    * 500 gram daging ayam cincang
    * 100 gram lemak ayam
    * kaldu ayam bubuk/balok (boleh pakai boleh nggak)
    * 1 sdm kecap manis
    * 1 sdm minyak wijen
    * 1 sdm minyak sayur
    * 5 siung bawang putih, cincang halus
    * 3 siung bawang merah, iris tipis
    * garam secukup nya
    * merica secukup nya

Pelengkap:

    * mie karet atau mie telor
    * kecap asin
    * garam, merica
    * pangsit (tergantung selera)
    * baso sapi (idem)
    * toge rebus
    * kaldu ayam
    * bawang goreng buat taburan
    * daun bawang buat taburan

Cara membuat:

    * Iris kotak2 kecil lemak ayam. Goreng dengan api kecil di penggorengan sampai garing. Sisihkan minyak nya. Tumis bawang putih iris dengan minyak ayam sampai harum, jaga jangan sampai hangus. sisihkan.
    * Tumis bawang putih halus dan daging cincang dengan minyak wijen dicampur minyak goreng biasa. Tumis terus dengan api sedang sampai mateng dan agak garink. Masukkan kecap manis, 100 cc air, dan kaldu ayam bubuk/balok. Aduk2 rata. Sisihkan.
    * Didihkan air dalam panci, tambahkan kaldu ayam dan merica. Masukkan baso sapi. Rebus sampai mateng.
    * Rebus toge dan caisim.
    * Rebus mie sampai mateng, angkat tiriskan. Masukkan ke dalam mangkuk. Aduk setengah sendok makan tumisan minyak bawang putih iris. Taroh toge rebus/caisim rebus di atas nya. Masukkan 2 sendok makan daging cincang. Tambahkan pangsit goreng di samping nya. Taburin bawang goreng dan daun bawang.
    * Sajikan dengan kuah bakso dan sambel (cabe, bawang putih, dihaluskan, dicampur dengan cuka).

Catatan:

    * Ayam boleh direbus atau dipanggang, tergantung selera.
    * Kalau mau pakai kuah yah direbus. Tapi kalau mau jadi yamin, panggang aja.
    * Kalau mau lebih praktis dan tidak mau repot seperti yang diatas, bikin saja dengan bumbu inti, lada, garam, kecap manis, bwg putih, bwg merah dan gula pasir.

Semoga membantu ya.

Gudluck!
0 suara
dijawab 12 Feb 2009 oleh Mr. X-man (14 poin)  
pertama-tama adonan sagu diolah bersama telor, bumbu-bumbu racikan , bersama air matang sedikit, kemudian dibiarkan adonan tadi mengembang 1 jam, setelah itu kita gulung-gulung dan kita tarik menjadi seperti tambang, kalau bisa pakai alatnya, nanti setelah adonan tersebut panjang menyerupai tali tambang dipotong-potong kalau bisa ada alatnya dan kemudian dijemur, setelah selesai direbus deh sampai matang, jangan lupa beli adonannya di kota bangka, jadi disebut Mie Bangka......
0 suara
dijawab 15 Feb 2009 oleh Yan Q (16 poin)  
aku taunya buat mie goreng

Pertanyaan terkait

0 suara
3 jawaban
0 suara
6 jawaban
ditanyakan 24 Mei 2009 dalam Makanan & Minuman oleh anonim (350 poin)  
0 suara
4 jawaban
ditanyakan 4 Agu 2008 dalam Makanan & Minuman oleh yunus B (6 poin)  
0 suara
3 jawaban
ditanyakan 4 Agu 2008 dalam Makanan & Minuman oleh yunus B (6 poin)  
Selamat datang di Gimana.in, Ajukan Pertanyaan dan biasanya terjawab dalam beberapa menit..
Pengguna Teraktif
bulan ini:
    Gute Mathe-Fragen - Bestes Mathe-Forum

    24,581 pertanyaan

    40,387 jawaban

    17 komentar

    19,686 pengguna

    ...